Ibadah Kebangsaan GKI

ibadah kebangsaan di GKI Nurdin

SINODEGKI.ORG – 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional karen pada tanggal itu 109 tahun lalu kasadaran akan perlu kesatuan untuk memperjuangkan kemerdekaan dari penjajah melalui pergerakan politik dimulai dengan berdiri Budi Utomo. Sejak momen itu gelombang-gelombang pergerakan kebangsaan muncul untuk membulatkan tekad seluruh komponen bangsa memperjuangkan kemerdekaan. Meskipun saat itu Indonesia belum lahir namun semangat kesatuan itu telah lahir terlebih dahulu.

Belakangan ini Indonesia yang telah lahir hampir 72 tahun lalu seolah diterpa kembali oleh isu-isu perpecahan yang dulu pernah dilalui oleh bangsa ini di masa-masa awal kelahirannya. Seolah ingin menunjukkan bahwa bangsa ini tidak mungkin bisa keluar dari isu-isu seperti SARA dan lainnya. Perbedaan agama bahkan seolah menjadi komoditi yang begitu menarik untuk dijadikan pemicu awal, selain isu suku atau ras.Dan gemparnya isu ini semakin kencang menjelang pilkada khususnya pilkada DKI.

Ibadah Kebangsaan GKI Sangkrah

Sebagai bagian dari Indonesia, Gereja Kristen Indonesia turut terpanggil untuk kembali menyuarakan kesatuan Indonesia yang didasari oleh Pancasila dan UUD 1945. Momen Kebangkitan Nasional dipilih oleh GKI untuk secara bersamaan menyerukan kesatuan dan membuang jauh perpecahan. Pada Minggu, 21 Mei 2017, secara serempak di 225 jemaat GKI mengadakan ibadah kebangsaan sebagai simbol bahwa GKI sepakat untuk menyuarakan kesatuan meski berbeda.

Setiap jemaat memulai ibadah dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, dan dilanjutkan dengan beberapa lagu wajib nasional seperti Indonesia Pusaka, Bagimu negeri, dan lainnya. Pengkhotbah menyampaikan pesan-pesan agar seluruh jemaat menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kemudian secara bersamaan seluruh jemaat juga mendoakan Indonesia dan para pemimpinnya. Jemaat yang hadir juga mengenakan pakaian berwarna merah putih sebagai simbol kecintaan kepada Indonesia.

Ibadah Kebangsaan GKI Jemursari

Melalui Ibadah Kebangsaan ini GKI ingin menunjukkan bahwa GKI adalah bagian dari Indonesia yang juga terpanggil untuk menyuarakan kesatuan dalam segala perbedaan yang ada. Seluruh komponen bangsa harus kembali sepakat untuk membangun negara dalam koridor Negara Kesatuan Republik Indonesia.

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *