Baru…

Pdt. Lindawati Mismanto,

Apakah Anda menyukai sesuatu yang baru? Rasanya jarang orang yang mengatakan “tidak.” Umumnya kita suka segala sesuatu yang baru. Betul, bukan? Rumah baru, kendaraan baru, suasana baru, dan segala sesuatu yang baru lainnya.

Untuk sesuatu yang baru, sebagian orang bahkan rela mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Kalau bisa, semuanya baru. Sayangnya, seiring dengan berlalunya waktu, apa yang baru itu toh akan menjadi lama alias usang. Rumah kita yang baru dengan cat yang indah, akan perlahan-lahan menjadi kusam. Demikian pula yang lain.

Tak ada seorang pun yang dapat menolak kenyataan bahwa apa yang baru akan berubah menjadi tidak baru lagi, seiring dengan berjalannya waktu. Lalu, sampai berapa lama kita akan terus mengejar hal baru?

Tuhan Yesus berkata, “Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru!” Apa maksud perkataan Tuhan ini? Ia mengatakan kepada Rasul Yohanes yang sedang mengalami aniaya dan penderitaan yang hebat. Ia menyampaikan pesan juga kepada umat yang mengalami kesusahan. Apa maksud perkataan Kristus ini?

Bahasa Yunani mengenal dua kata “baru.” Yang pertama, neos, yakni baru dalam hubungan dengan waktu. Jadi benda yang Anda baru beli hari ini, masih bisa dikatakan baru. Tetapi jika sudah satu tahun, ia tidak lagi bisa disebut baru. Inilah neos, baru dalam kaitan dengan waktu. Apa yang baru hari ini, besok tidak lagi bisa disebut baru.

Ada kata yang lain untuk “baru” yakni, kainos. Inilah yang digunakan oleh Kristus. “Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru!” Kainos berarti baru dalam hubungan dengan kualitas. Jadi kainos ini tidak bergantung dengan waktu. Kapanpun, ia akan disebut “baru,” karena ia berhubungan dengan kualitas yang lebih baik daripada sebelumnya.

Jika demikian, maukah kita mengijinkan Kristus menjadikan segala sesuatu di hidup kita dengan mutu atau kualitas yang lebih baik? Penderitaan, aniaya, dan apapun tak dapat menghalangi, jika melaluinya, kita bersedia diubah menjadi lebih baik.

Saksikan Video Khotbah ini, Silakan klik link dibawah ini.

https://www.youtube.com/watch?v=Ag32p1bozNw

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *