Bukti Prestasi

Surat Penghargaan atau Piagam adalah salah satu bukti bahwa sang penerima telah berhasil mencapai prestasi tertentu atau melewati dengan baik satu proses tertentu. Surat Penghargaan itu adalah pengakuan atas prestasi dan/atau dedikasi sang penerima.  Kebergengsian Surat Penghargaan itu bergantung pada siapa atau lembaga apa yang mengeluarkannya dan dalam rangka apa penghargaan itu diberikan. 

Ada orang-orang yang sangat menginginkan bahkan memburu Surat Penghargaan atau Piagam  seperti ini. Mereka  mengejarnya bukan pertama-tama sebagai bukti prestasi (bahkan terkadang tak ada prestasi), melainkan dalam rangka memperkokoh dan memperluas pengaruh dan kekuasaan untuk kemudian meraih keuntungan ekonomi, sosial, maupun politik. Mereka memanfaatkan piagam seperti itu sebagai bukti utama capaian mereka.

Berbeda dengan itu Paulus menolak membuktikan wibawa kerasulannya atau prestasi pelayanannya melalui selembar kertas. Ia menulis: “Adakah kami mulai lagi memujikan diri kami? Atau perlukah kami seperti orang-orang lain menunjukkan surat pujian kepada kamu atau dari kamu?” (2 Kor. 3:1).

Piagam Penghargaan memang perlu dan mungkin penting. Namun bukti atau pengakuan atas prestasi atau capaian kerja bukan terletak di situ, melainkan pada hasil karya layanan kita. Dan hasil karya layanan itu adalah anugerah Tuhan. Jangan menyalahgunakannya untuk mencari keuntungan.

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *