GKI Cianjur Open House

SINODEGKI.ORG – GKI Cianjur mengadakan Open House setelah ibadah Natal 25 Desember kali. Sebuah acara yang mengundang warga masyarakat untuk mengucapkan SELAMAT NATAL dan menjalin silahturahmi dengan warga gereja. Ini adalah acara Open House perdana. Kata “House” bukan “Church” dipakai karena istilah “open house” lebih akrab dikenal. Selain itu kata HOUSE dapat diterjemahkan menjadi RUMAH yang menggaungkan pesan bahwa gereja adalah rumah seluruh warga gereja.

Sebagai rumah bersama maka dalam acara ini seluruh warga gereja boleh menggabungkan acara yang biasanya dilakukan di rumah mereka saat natal ke acara ini agar para tetangganya tahu dimana mereka bergereja dan kebersamaan lebih terasa.

Acara dikemas secara sederhana dengan melibatkan warga sekitar dalam pengadaan konsumsi. Beberapa pedagang disekitar gereja “disewa” agar mereka juga merasakan berkat melalui acara ini.

Dalam situasi bangsa yang penuh dengan ketegangan agama oleh kaum yang tidak bisa menerima kebhinekaan maka GKI OPEN HOUSE menjadi acara yang penting untuk mengatakan kepada masyarakat bahwa kita (orang Kristen) adalah bagian dari masyarakat.

GKI Cianjur berpikir bahwa ketegangan yang ada dalam relasi antar agama mungkin juga disebabkan oleh gereja yang terlalu menutup diri. Membuka diri menghadirkan ruang untuk kita saling mengenal.

Kebahagiaan terbesar bukan pada semaraknya acara tetapi ketulusan warga masyarakat yang mau hadir dan mengucapkan “selamat natal”.

Seorang warga gereja mengungkapkan rasa harunya saat kami berefleksi bersama usai acara berlangsung. Ia mendapatkan ucapan selamat natal dari seorang ibu penjual donat. Ucapan sederhana itu menjadi penuh makna ditengah derasnya larangan mengucapkan Selamat natal. Pengalaman yang indah dan menyejukkan bahkan sanggup membayar letih para panitia yang mempersiapkan acara. Semoga pengalaman kami di Cianjur mampu meneteskan air yang menyejukkan disela derasnya berita tegang dalam relasi kebhinekaan di negeri ini. (Pdt. Hendra Setia Prasaja)

GKI Open House
Pengunjung open house

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *