Goel

Pdt. Suta Prawira,

Goel tidak sama dengan Gojek, Goel adalah bahasa ibrani yang secara harafiah berarti menutupi atau melindungi, dalam perjanjian Lama sering diterjemahkan dengan kata Penebus.

Ia dapat memiliki pengertian sosial juga bisa mempunyai pengertian spiritual. Dalam pengertian  sosial Goel merujuk tanggungjawab seseorang terhadap saudara terdekatnya, yang dimaksud dengan saudara bisa ia seorang paman, sepupu atau sanak keluarga yang lainnya. Supaya jangan ada satu orangpun dari umat Tuhan yang hidup terlunta-lunta, kehilangan tanah pusaka atau tempat berteduh, apalagi kehilangan harkat dan hidup menjadi seorang budak.

Apabila saudaramu jatuh miskin, sehingga harus menjual sebagian dari miliknya, maka seorang kaumnya yang berhak menebus, yakni kaumnya yang terdekat harus datang dan menebus yang telah dijual saudaranya itu (Imamat 25:25).

Kekerabatan adalah lembaga yang Tuhan ciptakan untuk kita pelihara, supaya pemeliharaan Tuhan boleh dirasakan oleh setiap kita ketika kita tinggal dan berelasi di dalamnya. Betapapun hidup di kota sedemikian sibuk, jangan lupa kita untuk merawat lembaga yang satu ini, tidak perlu menunggu saudara kita jatuh miskin dan baru kita bertindak, ketika kita ada dalam keadaan baikpun kita dipanggil untuk saling memelihara tali kekeluargaan agar nama Tuhan dipermuliakan.

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *