Jangan Melebihi Wewenangmu

Persoalan sering sekali terjadi karena pelanggaran otoritas dan/atau wilayah kerja. Kita dapat mengalami konflik dengan teman kita ketika kita melakukan sesuatu yang bukan wewenang kita. Perselisihan dapat terjadi ketika kita mengambil alih wewenang orang lain.

Konflik pun dapat terjadi ketika kita menyerobot wilayah orang lain. Para preman di pasar-pasar sering sekali bentrok karena perebutan batas wilayah kerja ini.

Hal inilah yang sebenarnhya sedang dilakukan oleh para rasul palsu yang sedang bergiat di Korintus. Mereka sebenarnya menyerobot daerah pelayanan Paulus. Mereka juga mengambil alih wewenang Paulus atas umat di Korintus. Sebab, Pauluslah yang mendirikan jemaat di Korintus itu.

Terhadap pelanggaran wewenang dan penyerobotan wilayah pelayanan seperti ini, rasul Paulus menegaskan bahwa ia berada di jalur yang benar. “Sebab dalam memberitakan Injil Kristus kami telah sampai kepada kamu, sehingga kami tidak melewati batas daerah kerja kami, seolah-olah kami belum sampai kepada kamu.” (2 Kor. 10:14).

Dengan ini Paulus hendak mengatakan bahwa kalau kini seolah-olah ada persoalan antara dirinya dengan para rasul palsu itu, bahkan dengan jemaat di Korintus, maka penyebabnya ialah para rasul palsu yang bertindak melampaui wewenang mereka dan yang telah melakukan penyerobotan wilayah pelayanan.

Kita perlu mewaspadai hal ini. Sebab, dalam relasi dengan sesama, utamanya ketika bekerja dalam sebuah tim, kita tanpa sadar dapat bertindak melampaui wewenang kita dan melakukan hal yang diluar batas wilayah kerja kita. Kita harus benar-benar mewaspadai hal ini. Pelanggaran atas weweang dan batas wilayah kerja ini dapat menimbulkan perselisihan atau konflik, bahkan perpecahan. Waspadalah.

https://www.youtube.com/watch?v=utXL8A6Jw0E

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *