Kebaktian Peneguhan PTKS Pdt. Untari Setyowati & Pelantikan BPMS 2014-2018

 

Sinode Gereja Kristen Indonesia terbentuk 26 tahun yang lalu dan menaungi 3 sinode wilayah yaitu Sinode Wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.  Sinode GKI dipimpin oleh Badan Pekerja Majelis Sinode yang dipilih setiap 4 tahun.

Desember 2014 yang lalu telah terpilih kepengurusan yang baru  dan pada Senin, 16 Februari 2015, bertempat di GKI Serpong Tangerang, telah dilakukan ibadah peneguhan PTKS (Pendeta Tugas Khusus Sinode) atas Pdt. Untari dengan jemaat tumpuan GKI Jatibening Indah sebagai Wakil Sekretaris Umum BPMS GKI serta pelantikan personalia BPMS periode 2014 – 2018.

Diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Rudianto Djajakartika dari GKI Pondok Indah, yang dalam khotbahnya bertema “Ikut Dia, Yesus Tuhanku”,  mengatakan bahwa tidak terlalu mudah untuk berbicara tentang Tuhan, apalagi ada kata “ku”.  Berbicara tentang Tuhan yang tidak terbatas, maka manusia yang terbatas itu mau tidak mau pasti menangkap realitas Tuhan itu secara subyektif sesuai persepsinya. Selalu ada bias pemikiran kalau kita berbicara tentang Tuhan.  Dalam keterbatasan, kita boleh saja bahkan harus tetap meyakini apa yang orang lain yakini. Keyakinan kita bukan keyakinan yang mati tetapi keyakinan yang selalu berdialog bahkan terbuka dan berubah. Keluar dari kemapanan, keluar dari zona nyaman, membuka diri dan berdialog terhadap berbagai perbedaan, berani berubah adalah manifestasi dari pernyataan Yesus.

Di akhir khotbah, Pdt Rudianto mengharapkan BPMS yang baru menyatukan ide-ide segar demi GKI yang lebih baik. Kalau Anda butuh angin segar, bukalah jendela tapi jangan runtuhkan seluruh bangunan.

Ibadah ini dihadiri para pendeta dari GKI dan Majelis Jemaat, anggota jemaat serta keluarga. Acara diakhiri dengan penyampaian kata sambutan dari Majelis GKI Jatibening Indah, Ketua Sinode yang lama dan ketua Sinode yang baru. Pdt. Yahya Wijaya, Ketua Umum BPMS GKI periode 2014-2018 dalam sambutan mengatakan bahwa di lingkungan GKI tidaklah mudah mencari orang yang mau menjadi ketua Sinode. Sebab jabatan sebagai ketua Sinode di GKI bukanlah jabatan yang menarik. Ini sangat berbeda dengan gereja-gereja lain di Indonesia, yang justru cenderung memperebutkan jabatan ini. Keunikan ini  perlu terus kita pertahankan dan syukuri.

Selamat untuk Peneguhan PTKS, Pdt. Untari Setyowati & Pelantikan BPMS 2014 – 2018, selamat menjalani panggilan Tuhan. (NS)

 

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *