Khotbah Macam Apa Yang Anda Cari?

Pemuasan keinginan telah menjadi salah satu penanda zaman kita sekarang ini. Manusia berlomba mencari dan membeli yang dapat memberi kepuasan diri. Pencarian tidak hanya menyangkut hal-hal bendawi, seperti uang, tetapi juga menyangkut hidup spiritual. Pemuasan keinginan ini bersahut-sahutan dengan kesigapan pasar dalam menyediakan hal yang diperlukan manusia, termasuk kebutuhan spiritual. Maka bermunculanlah banyak  pengkhotbah dengan berbagai gaya dan pengajaran.

Umat pun memiliki keleluasaan untuk memilih model dan gaya pengkhotbah yang dapat memuaskan keinginannya. Ada yang benar-benar mencari pengkhotbah yang sungguh-sungguh menolong agar semakin dekat kepada Tuhan dan agar mengalami pertumbuhan spiritual, dengan telaah Alkitab yang mendalam; ada yang mencari pengkhotbah yang sekadar menghibur, lucu, dan enak didengar tapi tak berbasis kuat atas telaah Alkitab.

Tentang realitas seperti ini, rasul Paulus pernah menulis: “Karena akan datang waktunya, orang tidak dapat lagi menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng.” (2 Tim. 4:3-4)

Sahabat, khotbah macam apa yang Anda cari?

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *