Memberitakan Firman dan Melakukan Penggembalaan

Memberiatakan firman dan melaksanakan pelayanan pengembalaan adalah tugas dan tanggung-jawab semua orang yang percaya kepada Allah dalam Yesus Kristus. Memang benar bahwa ada orang-orang yang diberi kepercayaan khusus oleh gereja untuk memberitakan firman dan melaksanakan pelayanan penggembalaan. Mereka ini dipesiapkan dan mempersiapkan diri secara khusus melalui pendidikan teologi dan aneka pelatihan lain oleh gereja.
Namun ini tidak menghilangkan kewajiban setiap dan semua orang percaya untuk memberitakan firman Tuhan dan melaksanakan pelayanan penggembalaan. Tugas dan tanggungjawab ini harus dilaksanakan secara terus menerus dan dalam segala keadaan. Paulus mengingatkan: “Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran.” (2 Tim. 4:2).
Memberitakan firman memang tidak harus berarti berkhotbah melalui mimbar gereja. Untuk pelayanan seperti ini gereja telah menetapkan orang-orang tertentu. Pemberitaan firman dapat dilakukan dengan menceritakan hal-hal yang telah kita terima dari dan alami bersama Tuhan kepada sesama. Melayankan tugas penggembalaan juga tak berarti membuka jam pastoral di gereja. Penggembalaan dapat dilakukan melalui kesediaan mendengarkan dengan sungguh-sungguh pergumulan sesama; atau dengan menjadi teman berziarah bagi sesama dalam menghadapi persoalan hidup.
Setiap orang pasti dapat melaksanakan pemberitaan firman dan tugas penggembalaan dalam cara seperti ini. Ayo… laksanakan

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *