Sinode GKI

phone iconTel. +62 21 4585 0904, Fax. +62 21 4585 2899
divider

Sinode Gereja Kristen Indonesia

Yang terbaru

  • 14Jan
    2016

    MENYIKAPI TEROR

    / 0 Comments

    MENYIKAPI TEROR Hari ini warga DKI Jakarta, bahkan seluruh warga NKRI diteror dengan bom. Kita sedih dan berduka bersama keluarga para korban. Namun kita tak boleh takut atau menyebar info-info yang menakutkan, yang belum dicek kebenarannya, sebab itulah tujuan aksi teror. Bila kita menjadi takut apalagi panik dan saling menyalahkan, maka para pelaku teror telah...

    Read more
  • 06Jan
    2016

    JALANILAH HIDUP DENGAN ARIF

    / 0 Comments

    JALANILAH HIDUP DENGAN ARIF Pengkhotbah 12:1-2 Masa muda adalah masa yang sangat indah, masa dimana energi tersedia memadai untuk mengerjakan hal-hal besar, kesehatan masih terjaga untuk menikmati aneka hal yang menyenangkan,  pilihan dalam  menjalani dan mengabdikan hidup tersedia dengan beragam dan kesempatan untuk memilih terbuka lebar. Namun akan datang waktunya ketika tubuh mulai melemah, kesehatan...

    Read more
  • 31Dec
    2015

    Perayaan Natal 25 Desember 2015

    / 0 Comments

    Perayaan Natal 25 Desember 2015 kali ini dirayakan dengan berbagai cara yang khas di masing-masing jemaat GKI. Ibadah Natal di GKI Pondok Indah dilayankan oleh Pdt. Joas Adiprasetya dengan mengambil tema “Natalku Natal Tuhanku”. Sementara itu di GKI Darmo Satelit Surabaya, Natal dirayakan dengan drama spesial menampilkan kehidupan masyarakat nyata. Mimbar di rias dengan warung...

    Read more
  • 27Dec
    2015

    Laporan Ibadah Malam Natal GKI

    / 0 Comments

    Malam Natal, 24 Desember 2015 merupakan saat-saat yang sangat dirindukan oleh seluruh umat kristiani, begitu juga dengan jemaat Gereja Kristen Indonesia. Ibadah Natal dikemas dengan begitu rupa sehingga memberikan kesan tersendiri bagi jemaat yang hadir. Selain itu pesan-pesan Natal khusus pun disampaikan dengan unik menambah lengkapnya sukacita malam Natal. Pohon Natal di GKI Sunter Mas...

    Read more
  • 21Dec
    2015

    Pesan Natal BPMS GKI 2015

    / 0 Comments

    Pesan Natal BPMS GKI 2015 “Jangan Takut dan Jangan Menakuti Sesama”

    Read more

Gereja Kristen Indonesia (GKI) dapat dikatakan sebagai sebuah “gereja baru” di Indonesia sebagai buah penyatuan dari GKI Jawa Barat, GKI Jawa Tengah, dan GKI Jawa Timur.

Berdirinya GKI melewati perjalanan sejarah yang panjang, dimulai dengan berdirinya ketiga gereja yang menyatu itu sebagai gereja yang berdiri sendiri-sendiri. Pada tanggal 22 Februari 1934 di Jawa Timur berdirilah gereja yang kemudian disebut GKI Jawa Timur. Demikian juga, pada tanggal 24 Maret 1940 di Jawa Barat berdirilah gereja yang kemudian disebut GKI Jawa Barat, dan pada tanggal 8 Agustus 1945 di Jawa Tengah berdirilah gereja yang kemudian disebut GKI Jawa Tengah.

Awalnya, ketiga gereja ini dikenal dengan nama Tiong Hoa Kie Tok Kauw Hwee (THKTKH) yaitu gereja berbahasa Hokian. Gereja THKTKH di Jawa Tengah dan Jawa Timur didirikan oleh Zending dari Belanda (Nederlandsche Zendings Vereeniging) sedangkan di Jawa Barat diawali oleh penemuan sebuah Alkitab berbahasa Melayu oleh Bapak Ang Boen Swie di tahun 1858.

Nama Gereja Kristen Indonesia sendiri mulai digunakan pada tahun 1950. Penetapan nama ini menunjukkan kesadaran GKI untuk dapat menjalankan misi dan panggilannya secara nasional, tidak lagi terikat pada suku tertentu saja.

Sejak tanggal 27 Maret 1962 ketiga gereja itu memulai upaya menggalang kebersamaan untuk mewujudkan penyatuan GKI, dalam wadah Sinode Am GKI. Sesudah melewati perjalanan hampir tiga dekade lamanya, pada tanggal 26 Agustus 1988 ketiga gereja tersebut diikrarkan menjadi satu gereja.

Aiko Sumichan

Aiko Sumichan has written 13 post in this blog.


VISI

GKI menjadi mitra Allah yang melaksanakan karya keselamatan dengan mewujudkan keadilan dan damai sejahtera di dunia.

 

MISI

  1. Mengembangkan spiritualitas yang berpusat pada hubungan yang hidup dengan Allah, sesama dan lingkungan hidup.
  2. Meningkatkan kerjasama ekumenis dengan Gereja lain dalam hal pemberdayaan.
  3. Meningkatkan keterlibatan GKI dalam transformasi sosial kemasyarakatan.
  4. Meningkatkan kesadaran umat dan pimpinan gereja untuk mengambil bagian dalam Pengembangan Demokrasi dan Penguatan Masyarakat Berkeadaban.
  5. Meningkatkan kesadaran dan partisipasi umat dan pimpinan gereja untuk mengambil bagian dalam pelestarian dan penyelamatan Lingkungan Hidup.

Aiko Sumichan

Aiko Sumichan has written 13 post in this blog.


PERIODE 2014-2018

KETUA UMUM
PDT. YAHYA WIJAYA
E-mail: ketum@sinodegki.org

KETUA BIDANG PERSEKUTUAN
PDT. BUDI CAHYONO SUGENG
E-mail: budicahyonosugeng@yahoo.com

KETUA BIDANG KESAKSIAN, PELAYANAN & KEMITRAAN
PDT. SANTONI

KETUA BIDANG SUMBER DAYA MANUSIA
PDT. SAMUEL CHRISTIONO

KETUA BIDANG SARANA PENUNJANG
PNT. RUDOLF SAUT BUTARBUTAR

SEKRETARIS UMUM
PDT. ARLIYANUS LAROSA
E-mail: sekum@sinodegki.org

WAKIL SEKRETARIS UMUM
PDT. UNTARI SETYOWATI

BENDAHARA UMUM
PNT. TAUFIK HAMZAH

WAKIL BENDAHARA
PNT. REZA N. PRIBADI

ANGGOTA:

BIDANG PERSEKUTUAN
PDT. HANDI HADIWITANTO

BIDANG SUMBER DAYA MANUSIA
PDT IMMANUEL KRISTO
PNT. ANDY SOERJAWITAKA

BIDANG KESAKSIAN, PELAYANAN & KEMITRAAN
PDT. AGUSTINA MANIK
PDT. ERNY SENDOW

BIDANG SARANA PENUNJANG
PNT. INDRA IRAWAN
PNT. HARIYANTO
PNT. KABUL

ANGGOTA EX-OFFICIO:

PDT. SUTRISNO
E-mail: trisno410@yahoo.com

PDT. AGUS WIJAYA

PDT. JOTJE HANRI KARUH
E-mail: jotjekaruh@yahoo.co.id

 

Aiko Sumichan

Aiko Sumichan has written 13 post in this blog.