Paskah, apa yang baru?

Pdt. Agus Wijaya,

Kel. 14: 10-31, 15: 20-21; Kol. 3: 5-11

Kematian dan kebangkitan Tuhan adalah karya besar Allah bagi kehidupan dunia. Karya yang menunjukkan bagaimana Tuhan mempedulikan dunia ini. Sebenarnya sudah berkali-kali Tuhan berkarya dalam hidup manusia, hanya manusia tidak menghargainya dalam hidupnya. Kita sering menganggapnya sebagai hal yang biasa, atau yang seharusnya dilakukan oleh Allah bagi kita, atau menanggapinya sambil lalu saja.

Ketika umat Israel yang baru keluar dari tanah Mesir terjepit antara laut dan tentara Mesir, mereka bersungut-sungut, marah kepada Musa (dan kepada Tuhan), dan Musa mengingatkan kepada umat;

Keluaran 14:13-14 (TB)  Tetapi berkatalah Musa kepada bangsa itu: “Janganlah takut, berdirilah tetap dan lihatlah keselamatan dari TUHAN, yang akan diberikan-Nya hari ini kepadamu; sebab orang Mesir yang kamu lihat hari ini, tidak akan kamu lihat lagi untuk selama-lamanya.

TUHAN akan berperang untuk kamu, dan kamu akan diam saja.” 

Bahwa Tuhan melakukan yang dasyat dan patut dipuji dalam hidup kita (band. Kel. 15: 20-21).

Setelah Tuhan menyelamatkan kita dengan karya-Nya yang dasyat. Apakah kita akan tetap sama dalam hidup kita; menganggapnya sebagai hal yang biasa saja?

Atau menganggap itu kejadian duaribu tahun yang lalu?

Karya Kristus mestilah mengubah hidup kita; meninggalkan apa yang lama dari kita, menjadikan kita punya hidup yang baru:

Kolose 3:9-10 (TB)  Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya,  

dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya; 

Jadi, kalau Paskah tak mengubah apapun dari hidup kita, maka kita menganggap percuma saja segala karya kasih Tuhan dalam hidup kita. Bahkan kematian dan kebangkitan-Nya tak berarti apa-apa.

Maknailah karya itu dengan perubahan hidup yang semakin hari semakin berkenan kepada-Nya melalui kata dan perbuatan kita.

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *