Pemimpin: Berlomba Menunjukkan Integritas

Pemimpin: Berlomba Menunjukkan Integritas

Meskipun kita perlu tetap dan terus menerus menjaga sikap hormat kepada para senior, yang karena jumlah usia yang banyak telah memiliki aneka pengalaman, para pemimpin berusia muda tidak perlu merasa kagok meminpin atau sungkan memberi masukan kepada anggota komunitas yang jumlah usianya lebih banyak. Lebih penting lagi, para pemimpin muda tak membiarkan usia muda menjadi bahan bakar peremehan mereka oleh pihak manapun.

Para peminpin muda harus betul-betul menanamkan dalam hati mereka bahwa wibawa kepemimpinan tidak pertama-tama terletak pada jumlah usia melainkan pada integritas, yaitu kesesuaian dan konsistensi antara yang dikatakan dengan yang dilakukan. Itulah sebanya rasul Paulus merasa perlu mengingatkan Timotius, sang pemimpin muda: “Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.” (1 Tim. 4:12).

Maka semua pimimpin, baik yang tua maupun yang muda, perlu berlomba dalam menunjukkan integritas. Sebab pengakuan atas atau wibawa seorang pemimpin terletak pada kualitas integritasnya.

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *