Pentingnya Penanaman Nilai-nilai Iman Sejak Dini

Menanamkan nilai-nilai iman, yang bersumber dari Kitab Suci, kepada anak sejak usia dini berarti menyiapkan sang anak menghadapi aneka serangan  nilai yang akan ia hadapi di masa depan. Nilai-nilai iman  yang diyakini dengan kuat itu akan membuat sang anak bertahan hidup dan bertumbuh menjadi dewasa. Nilai-nilai yang diyakini itu akan mengendalikan perilaku, karakter, bahkan seluruh keputusan-keputusan sang anak dalam sepanjang hidupnya. Nilai-niai yang ditanamkan pada masa kecil itu akan menjadi semacam perisai, yang melindungi sang anak ketika ia diserang oleh aneka nilai-nilai baru di masa depanya.

Pentingnya  penanaman nilai-nilai iman sejak usia dini serta pengaruhnya dalam kehidupan diingatkan oleh Paulus dalam pesannya kepada Timotius. “Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus. (2 Tim. 3:15)

Nilai-nilai iman ini dapat ditanam-tumbuhkan melalui cerita-cerita dan lagu-lagu yang didengarkan, serta filem-filem yang ditonton anak-anak. Karena itu, setiap orangtua perlu semakin bergiat dalam menuturkan cerita-cerita Alkitab kepada anak. Orangtua perlu semakin selektif dalam  memilih cerita yang dibacakan kepada atau dibaca oleh anak-anak. Orangtua perlu memberi perhatian pada lagu-lagu yang didengarkan dan filem yang ditonton oleh anak-anak. Sebab dalam cerita, lagu, dan filem terselip nilai-nilai yang tidak selalu selaras dengan nilai-nilai iman yang kita yakini.

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *