PGI Imbau Jemaat Gereja Berpartisipasi Aktif di Pilkada 2017

JAKARTA, SINODEGKI.ORG – Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (Ketum PGI) Henriette Hutabarat-Lebang menjelaskan PGI menerbitkan pesan pastoral tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2017 dengan maksud mengajak jemaat untuk berpartisipasi di ajang ini dengan aktif, positif, dan realistis.

“Kami dari PGI telah menyiapkan pesan pastoral PGI untuk Pilkada serentak 2017, semua ini kami lakukan dalam rangka mengimbau dan memberi ajakan semua warga gereja untuk berpartisipasi secara positif, aktif, dan realistis di Pilkada 2017,” kata Henriette Hutabarat-Lebang dalam Konferensi Pers “

Ketua PGI - Tabloid Podium.com
Ketua PGI – Tabloid Podium.com

Pesan Pastoral PGI terkait Pilkada 2017”, hari Selasa (1/11) di Grha Oikoumene, Jl. Salemba Raya No. 10, Jakarta.

Henriette Hutabarat Lebang mengemukakan Pesan Pastoral diterbitkan agar Pilkada Serentak yang akan diselenggarakan di lebih dari 100 daerah provinsi dan kabupaten di Indonesia dapat menjadi pesta demokrasi bangsa indonesia. Selain itu, menurut dia, Pesan Pastoral dapat berfungsi sebagai petunjuk moral ini agar warga gereja dapat menggunakan hak pilih secara benar, dan menggunakan nilai-nilai etik untuk mendekatkan kebenaran, menegakkan keadilan dan tanggung jawab sebagai bagian dari warga negara Indonesia.

Lewat Pesan Pastoral, PGI mengajak warga gereja untuk kritis terhadap politik. “Pesan pastoral ini dikirmkan kepada semua gereja-gereja di bawah naungan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia,” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Eksekutif Bidang Keadilan dan Perdamaian Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, Henrek Lokra menjelaskan Pesan Pastoral ditujukan untuk seluruh Pilkada yang akan diselenggarakan secara serentak tahun depan. “Pesan ini ditujukan kepada pilkada di seluruh Indonesia, jadi tidak hanya Pilkada DKI Jakarta saja,” kata Henrek Lokra.

Dia mengatakan dengan mengacu kepada banyak pemberitaan media massa saat ini, terutama media nasional yang lebih banyak membahas Pilkada di DKI Jakarta saja, dan seolah melupakan banyak Pilkada di tempat lain di Indonesia. (satuharapan.com/spw)

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *