Refleksi Minggu 3 Mei 2015

Melekat Pada Kristus

Yohanes 15:1-8

Mengikut Kristus semestinya tidak berhenti pada status belaka, tetapi juga berlanjut dalam fungsi-fungsi yang dilakukan dengan nyata dan berkala di sepanjang hidup. Tentu ada proses yang sehat dan berkualitas yang harus terjadi dalam diri pengikut Kristus. Hubungan yang berkualitas dengan Kristus antara lain ditunjukkan melalui kesediaan mendalami makna Firman Allah dan memberlakukan nilai-nilai Kristiani dengan nyata dalam hidup melalui tindakan kasih yang nyata.

Dalam Injil Yohanes 15:1-8, kita menjumpai pernyataan Kristus sebagai sumber hidup dan cinta kasih bagi manusia. Dengan menggunakan gambaran proses berbuahnya anggur menjadi anggur yang lebat dalam keutuhan proses yang terkait antara: pengusaha kebun anggur, pokok anggur, ranting-ranting yang menempel pada pokok anggur serta perawatan ranting yang mengikutinya, Kristus mengajak kita untuk menyadari bahwa mengikuti Kristus memang adalah sebuah proses aktif yang melibatkan kesediaan diri untuk dibentuk oleh Firman Allah serta kesetiaan untuk terus mengikuti keteladanan tindakan kasih Kristus dalam hidup sehari-hari.

Lepas dari Kristus adalah pilihan yang bodoh, sebab hidup terlepas dari sumber cinta kasih sehingga hidup menjadi kering tanpa makna. Sebaliknya, tinggal dalam Kristus adalah pilihan yang membawa kepada hidup yang bermakna dan memuliakan Allah, karena hikmat pengajaran-Nya mempengaruhi tindak tanduk hidup menjadi hidup yang mengasihi dan peduli kepada sesama. Kristus pun berjanji, Bapa akan mengabulkan permintaan setiap orang yang hati dan pikiran-Nya melekat kepada kasih Kristus dan setia melakukan pengajaran kasih Kristus. Orang-orang yang seperti itu adalah murid-murid Yesus yang sejati. Orang-orang yang memuliakan Allah melalui tindakan kasih yang nyata karena mengikuti cara Kristus mengasihi.

  • Apakah ada hubungan yang begitu lekat antara Kristus dengan Anda selama ini? Dalam bentuk apakah?
  • Sebagai orang yang mendapatkan status sebagai pengikut Kristus, apakah ada fungsi-fungsi yang Anda ketahui harus dikerjakan terkait status yang Anda terima itu?

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *