Seleksi Calon Mahasiswa Teologi GKI 2017

suasana ujian

SINODEGKI.ORG – Enam belas pemuda/i GKI yang berasal dari beberapa jemaat GKI mengikuti seleksi calon mahasiswa teologi GKI. Seleksi kali ini diadakan di Wisma Sejahtera, Magelang, dan berlangsung dari tanggal 16 – 18 Mei 2017. Dari keenam belas pemuda/i tersebut dua orang berasal dari Sinode Wilayah Jawa Barat, lima dari Jawa Timur, dan sembilan orang dari Sinode Wilayah Jawa Tengah. Seleksi ini sendiri merupakan tahap kedua setelah tahap pertama di Jakarta pada Februari lalu.

Peserta menjalani dua jenis tes, yaitu psikotes, tes scholatic, wawancara psikologi, dan wawancara teologi. Tim penguji terdiri dari tim psikolog, pendeta GKI yang mewakili tiga Sinode Wilayah, dan perwakilan dari Sekolah Teologi yang dituju. Tim psikolog yang terlibat dalam ujian ini adalah ibu Sri Aryanti Kristianingsih, M.Si, MH, Psikolog, ibu Chefira Lisanias, S.Psi, Psikolog, dan ibu Krismi Diah Ambarwati, M. Psi, Psikolog. Psikotes sendiri terdiri dari tes kecerdasan, sikap kerja, bakat minat, dan kepribadian. Sementara tes scholastic terdiri dari bahasa Indonesia, bahasa Inggris, pengetahuan umum, dan pengetahuan Alkitab.

“Tes-tes ini dilakukan sesuai dengan kesepakatan bersama antar Sinode Wilayah GKI dan juga standar yang sudah disepakati untuk menjadi calon mahasiswa teologi GKI. Tujuan tes ini supaya didapatkan gambar yang menyeluruh mengenai calon mahasiswa tersebut. Dalam hal ini GKI tidak mengejar banyaknya jumlah orang yang akan menjadi kader tetapi mencari calon-calon yang memenuhi standar yang sudah disepakati. GKI sudah memiliki standar bagi calon kader,” ungkap Ibu Sri Atyanri Kristianingsih, M.Si, MH, Psikolog.

wawancara dengan psikolog

Selama dua hari penuh peserta menempuh tes yang cukup berat dan melelahkan, dan setelah menempuh psikotes dan tes scholastic, mereka masih harus mengikuti sesi wawancara, baik dengan psikolog, pendeta GKI, dan perwakilan Sekolah Teologi yang dituju. Pada diri peserta terlihat antusiasme dan kerinduan untuk menjadi mahasiwa teologi yang kelak akan melayani sebagai pendeta dalam lingkup GKI. Kelulusan akan diumumkan pada tanggal 18 Mei 2017. (spw)

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *