Tantangan Diatasi, Bukan Dikeluhkan

Pemimpin harus cakap menemukan solusi.Seorang pemimpin harus dapat menjalankan fungsi kepemimpinannya dari mana pun. Jarak dan isolasi tempat tak boleh menghambat sang pemimpin dalam mengatur dan menggerakkan anak buahnya. Entah berada di manapun, bahkan ketika pergerakannya dibatasi, sang pemimpin harus tetap dapat mengatur upaya-upaya perwujudan visi dan pelaksanaan misi.

Inilah yang telah diteladankan Paulus. Dari dalam penjara, ia tetap dapat mengatur pelaksanaan misinya. Ketika ia mengalami perlakuan yang tidak adil dan kebebasannya dibatasi ia tetap dapat mengatur para muridnya untuk melakukan tugas-tugas dalam rangka Pekabaran Injil. “Jemputlah Markus dan bawalah ia ke mari, karena pelayanannya penting bagiku.Tikhikus telah kukirim ke Efesus. Jika engkau ke mari bawa juga jubah yang kutinggalkan di Troas di rumah Karpus dan juga kitab-kitabku, terutama perkamen itu. (2 Timotius 4:11b-13).

Seorang pemimpin memang harus tetap dapat mengerjakan tanggung-jawabnya dalam keadaan apapun. Ia harus mampu menemukan jalan keluar dari setiap permasalahan yang menghalanginya dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemimpinannya. Tantangan dan hambatan bukan untuk dikeluhkan melainkan diatasi.

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *