Teruslah Hidupi Nilai-nilai Luhur itu!

Pdt, Arliyanus Larosa,

Ketika upaya untuk menjalani dengan konsisten nilai-nilai luhur yang kita yakini terus menerus menghadapi tantangan, kita terkadang mulai enggan untuk menghidupi dan memperjuangkannya. Setidaknya, kita mulai kurang gigih dalam memberlakukan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Kalau tantangan datang semakin bertubi-tubi dan hebat, boleh jadi kita bukan hanya mulai enggan menghidupi dan memberlakukannya, kita malah bisa mulai goyah dalam meyakini nilai-nilai itu, dan meragukan validitasnya. Kita mulai berpikir, untuk apa memegang nilai-nilai yang hanya membuat diri kita mengalami kesulitan? Dan kalau pikiran ini semakin menguasai kita, boleh jadi kita mulai melirik nilai-nilai baru yang belum  teruji kebenarannnya.

Ketika menghadapi hal seperti ini, sangat penting untuk mengingat yang ditulis rasul Paulus kepada Timotius berikut ini: “Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang telah mengajarkannya kepadamu. (2 Tim. 3:14).

Paulus mengingakan: Teruslah berjuang untuk mempertahankan, merawat dan menghidupi nilai-nilai luhur yang engkau yakini benar dan baik. Kalau merasa lelah dan mulai enggan merawat dan menghidupinya, kenanglah cinta dan pengorbanan dari mereka yang telah mewariskan nilai-nilai itu kepadamu. Kenangan akan cinta dan pengorbanan mereka dalam merawat dan memperjuangkan nilai-nilai tersebut di masa lampau akan memberi engkau kekuatan untuk menghadapi tantangan dalam merawat, menghidupi, dan memberlakukan nilai-nilai luhur itu pada masa kini. 

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *