Tim GKI Salurkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Belitung

Tim GKI Salurkan Bantuan ke Belitung

SINODEGKI.ORG – Tim Gerakan Kemanusiaan Indonesia mengunjungi dan memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban banjir di Belitung Timur pada 23 – 24 Juli lalu. Dalam kunjungan kali ini tim GKI didukung oleh Orang Tua Grup cabang Belitung yang juga mengirimkan bantuan berupa aneka makanan sebanyak 10 dus melalui tim GKI.

Berikut kegiatan perjalanan tim GKI ke Belitung di hari pertama:

  1. Tiba di bandara dijemput oleh Orang Tua group cabang Belitung. Mereka juga menitipkan bantuan kepada tim GKI untuk disalurkan berupa aneka makanan sebanyak 10 dus.
  2. Dihotel sudah ditunggu oleh Pdt.Managar Pasaribu, ketua Klasis Gepelkris Belitung Timur. Beliau memberikan masukan tentang kebutuhan paska banjir.
  3. Pada malam harinya mengadakan koordinasi dengan pihak kodim Belitung yang diwakili oleh mayor Ruhin selaku Kasdim.
  4. Mempertemukan untuk bersinergi antara pihak TNI dan Gepelkris yang diwakili oleh departemen misi penginjilan Ayub dan teman-teman. Kedua belah pihak menyambut dengan penuh antusias.
  5. Menyerahkan bantuan berupa obat-obatan untuk membuka poliklinik gratis bagi korban, dan tenaga medis akan dicarikan dari pihak militer.

Pada kunjungan kali ini Tim GKI membawa obat-obatan dan pakaian baru sumbangan dari GKI Gading Serpong. Pada hari kedua, Tim GKI melakukan beberapa kegiatan, antara lain:

  1. Perjalanan tim GKI dari pagi sampai petang ke daerah bencana di Gantung diantar oleh bapak Andry Cahya. Beliau adalah keluarga dari Pdt.em. Paulus Cahya.
  2. Membeli memenuhi kebutuhan buku dan alat sekolah yang diminta oleh pihak Geperkris jemaat Gantung. Seluruh kegiatan tim GKI memperkuat pelayanan geperkris gereja setempat yang punya peran aktif dan terdekat dengan korban bencana.
  3. Menyalurkan bantuan bersama para pendeta setempat ke SDN  7 Gantung, sekolah ini mengalami kerusakan terparah sehingga sampai saat ini aktifitasnya diungsikan ketempat lain.
  4. Menyalurkan bantuan ke posko pengungsian yang masih tersisa.
  5. Menyalurkan bantuan bantuan untuk anggota geperkris gantung yg terkena dampak banjir bersama Pdt Rudi dan ketua Klasis Pdt.Managam Pasaribu.
  6. Meninjau rumah jemaat dan beberapa gereja setempat. Ada permintaan renovasi salah satu rumah jemaat dan perbaikan pagar gereja digantung yg roboh. Pdt. Alung dan teman-teman telah mengadakan pembicaraan awal untuk membantu masalah ini. Untuk itu dipersilahkan menindak lanjuti bersama gereja setempat.

Secara umum banjir telah surut dan aktifitas perekonomian sudah menggeliat kembali, masyarakat sebagian mengerjakan kebersihan kota, dan rehabilitasi sudah dikerjakan oleh pemerintah. Tim GKI mendapatkan informasi bahwa bantuan dari berbagai pihak memadai.

Tim GKI mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, khusunya kepada  Pdt. Managap yang telah bekerjasama menyalurkan bantuan. (Irianto Darsono)

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *