Tuhan Adalah Pemimpinnya

Melawan kelaliman atau ketidak-adilan bukanlah usaha yang mudah. Para penindas, pelaku kelaliman biasanya memliki kekuatan-kekuatan, baik dari sudut ekonomi maupun politik. Mereka biasanya punya jaringan yang cukup luas. Paling tidak, mereka memiliki “orang kuat” yang menjadi pembela atau pendukung mereka.

Kekuatan dan kekuasaan para penindas atau pelaku kelaliman inilah yang sering membuat banyak orang merasa gentar untuk melakukan perlawanan. Kegentaran ini bahkan sudah dirasakan sebelum melakukan usaha apa pun.

Kegentaran ini memang bukan tanpa alasan. Usaha untuk melawan kelaliman, menentang para penindas memang mengandung resiko. Mereka tentu tidak mudah menyerah. Mereka pasti akan melakukan perlawanan yang sengit.

Karena itu, kita memang tidak boleh sembarangan dalam bertindak. Kita mesti mempertimbangkan segala sesuatu, baik resiko yang mungkin muncul maupun kesiapan dan perlengkapan kita dalam memulai perlawanan. Di samping itu, perlawanan yang kita lakukan harus menghindari kekerasan. Sebab, kekerasan hanya akan melahirkan kekerasan yang lain. Kekerasan jarang sekali menyelesaikan persoalan.

Karena itu, kita tidak perlu gentar. Ingat terus, Tuhan adalah pemimpin perjuangan kita dalam melawan kelaliman.

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *