Pelembagaan GKI Kwitang Bakal Jemaat Karawaci

Gereja Kristen Indonesia kembali mendapat anugerah dari Tuhan di awal tahun 2015 ini melalui pelembagaan GKI Kwitang Bakal Jemaat GKI Karawaci menjadi GKI Karawaci. Bermula dari persekutuan oikumene di komplek perumahan Sari Bumi Indah, atas permintaan anggota persekutuan dan setelah melewati aneka percakapan, maka pada tanggal 5 Agustus 1990, persekutuan ini diresmikan menjadi Pos Jemaat GKI Kwitang. Dua pulus satu tahun kemudian, tepatnya 14 Agusutus 2011 Pos Jemaat ditingkatkan statusnya menjasi GKI Kwitang Bakal Jemaat Karawaci. Setelah mengalami aneka pergumulan serta ketekunan doa dari anggota komunitas, dan setelah melalui proses gerejawi yang ditentukan, Bakal Jemaat ini dilembagakan menjasi GKI Karawaci pada tanggal 15 Februari 2015.

pelembagaan3 pelembagaan2

Kebaktian pelembagaan dilayani oleh Pdt. Santoni. Dalam khotbahnya, Ketua Bidang Kesaksian, Pelayanan, dan Kemitraan BPMS GKI ini menyatakan Gereja ada bukan karena adanya orang-orang hebat atau orang-orang kaya. Melalui telaah atas Yosua 24:1-15 dan Kis. 2:41-47, pendeta yang berbasis pelayanan di GKI Gading Serpong ini lebih lanjut menjelaskan bahwa Gereja ada karena adanya orang-oran yang beriman,  umat yang tekun berdoa, yang setia membaca dan mendengarkan firman Tuhan, serta yang takut akan Tuhan. Yang perlu dilakukan oleh gereja adalah melayani dan membangun persekutuan.

Kebaktian ini dihadiri oleh anggota jemaat, beberapa orang pendeta, serta perwakilan dari BPMK GKI Klasis Jakarta I, BPMSW GKI SW Jateng, dan BPMS GKI. Pdt. Arliyanus Larosa dalam sambutannya mengatakan bahwa pelembagaan jemaat adalah sebuah penegasan kedewasaan, bukan sekeder memenuhi persyaratan. Dewasa artinya bertanggung-jawab penuh atas  pelaksanaan misi dalam aspek persekutuan, kesasksian, dan pelayanan. Bukan hanya melaksanakan, melainkan menjaga agar perlaksanaan sesuai dengan jati  diri GKI. Sekretaris Umum BPMS GKI ini lebih lanjut menyampaikan bahwa pelembagaan GKI Karawaci ini memberi kesempatan kepada GKI untuk menemukan wujud yang konkrit dari kesatuan GKI. GKI Kwitang yang mengasuh Bajem Karawaci, terhisap dalam Klasis Jakarta I. Dari sudut lokasi, GKI Karawaci berada di Provinsi Banten, yang di dalamnya ada Klasis Banten. Jika kehadiran GKI Karawaci dapat memperkuat Klasis Banten, tanpa mengurangi kekuatan Klasis Jakarta I, maka ada baiknya jemaat baru ini dihisapkan dalam Klasis Banten.

Selamat kepada GKI Kwitang yang telah berhasil mengantar Bajem Karawaci ke Pelembagaan, selamat kepada GKI Karawaci sebagai jemaat GKI ke-224, selamat kepada 13 orang Penatua yang diteguhkan, dan selamat kepada seluruh anggota jemaat. Selama melaksanakan misi. (AL)

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *