WCC mengajak gereja-gereja bertindak melawan korupsi

Berita WCC
20 Agustus 2013

Dewan Gereja Sedunia (World Council of Churches/WCC) mengundang gereja-gereja anggotanya untuk bergabung dalam tindakan global melawan korupsi – yang sangat besar pengaruhnya terhadap masyarakat miskin. Penelitian menunjukkan bahwa setiap tahunnya lebih dari satu triliun dolar Amerika Serikat menghilang dari tatanan ekonomi global melalui sogokan, perjanjian yang tidak jujur, dan penggelapan pajak.

Dengan penekanan pada tanggal 14-20 Oktober, panggilan global untuk bertindak dalam kampanye EXPOSED 2013 akan mengajak orang-orang di seluruh dunia untuk mengangkat suara melawan korupsi. Inisiatif ini dikoordinasikan oleh sebuah koalisi organisasi-organisasi Kristen yang disebut Micah Challenge International.

Kampanye ini menyarankan tindakan-tindakan positif dan praktis untuk mempertahankan diri dari korupsi. Diharapkan akan ada 2000 doa bersama masyarakat miskin di seluruh dunia, dan paling tidak satu juta tandatangan dikumpulkan untuk disampaikan kepada pertemuan G20 yang akan berlangsung November 2014.

“Keprihatinan dan respons WCC terhadap isu korupsi berdasarkan pada kepedulian Tuhan yang secara khusus ditunjukan kepada mereka yang miskin,” demikian Pdt. Dr. Olav Fykse Tveit, Sekretaris Umum WCC.

“Korupsi berakar dan berkembang karena struktur ekonomi, kebudayaan dan sistim nilai yang kita miliki, yang didorong oleh ketamakan, pengejaran kekuasan, kekuasaan-kekuasaan, pelaksana, maupun aktor-aktor politik,” lanjutnya.

“Maka, melawan korupsi sistemik merupakan sebuah tindakan memperjuangkan keadilan Tuhan,” tambah Tveit.

Sekretaris Umum WCC menyebut EXPOSED sebagai “usaha yang penting” terkait kerjasama WCC dengan gereja-gereja dalam pergumulan melawan ketidakadilan ekonomi.

Program kerja WCC mengenai kemiskinan, kekayaan dan ekologi membahas isu-isu keadilan perdagangan, hutang ekologis, mengatasi ketamakan, pekerjaan yang layak, dan usaha-usaha mencari alternatif globalisasi.

Tujuan dari kampanye EXPOSED sangat erat dengan tema sidang raya WCC yang akan datang: “Allah Kehidupan, pimpin kami menuju keadilan dan perdamaian”. Sidang WCC yang akan berlangsung di Busan, Korea Selatan, pada tanggal 30 Oktober hingga 8 November mendatang dijadwalkan memiliki pleno mengenai “mengatasi ketamakan”.

WCC bersama dengan World Communion of Reformed Churches, Council for World Mission dan Lutheran World Federation akan menyelengarakan pertemuan panel internasional mengenai “Pembaruan Struktur Finansial dan Ekonomi” dari tanggal 23 hingga 25 Agustus di Swiss. Pertemuan ini akan mengembangkan strategi-strategi advokasi mengenai bagaimana “mengatasi ketamakan” selagi bekerja menuju sebuah struktur finansial dan ekonomi yang baru.

Micah Challenge International” mengambil nama dari Mikha 6:8, “… Dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?”

0 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *